Refugia - Pengendali Hama Alami

Tanaman Refugia akhir-akhir ini menjadi viral di medsos, karena instagramable, sehingga sering dijadikan tempat selfie. Bagi yang belum tahu, refugia adalah tanaman berbunga warna-warni yang ditanam di pinggir pematang sawah.

Refugia bukanlah nama tanaman, melainkan sebuah istilah untuk berbagai jenis tanaman yang menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan, dan sumberdaya lainnya bagi musuh alami hama tanaman.

Dengan adanya refugia di dekat lahan pertanian, maka jumlah musuh alami hama menjadi semakin banyak. Selanjutnya, hal ini menekan jumlah hama yang berkembang. Yang dengan demikian, kita tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak untuk membeli obat pengusir atau pembunuh hama.

Penurunan jumlah obat kimiawi di lahan pertanian ini akan menjaga kelestarian agrosistem dilahan pertanian. Al-Hasil, penanaman refugia adalah salah satu jenis metoda pertanian organik yang sangat disarankan.

Ada beberapa tanaman yang tergolong refugia, yaitu:

1. Tanaman Hias

Tanaman hias yang tergolong refugia adalah Bunga matahari (Helianthus annuus), Kenikir (Cosmos caudatus) dan bunga kertas zinnia (Zinnia peruviana), (Zinnia acerosa), (Zinnia bicolor), (Zinnia grandiflora), (Zinnia elegans).

2. Tanaman Gulma

Ada beberapa gulma yang bisa digunakan sebagai refugia adalah Babadotan (Ageratum conyzoides), Ajeran (Bidens pilosa L.), legetan (Synedrella nodiflora),pegagan (Centella asiatica), rumput setaria (Setaria sp.) dan Bunga tahi ayam (Tagetes erecta).

3. Tanaman Budidaya

Tanaman budidaya yang tergolong refugia adalah jagung (Zea mays), kacang panjang (Vigna unguiculata ssp. sesquipedalis) dan bayam (Amaranthus spp.).